This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

ANAK ANAK TELANJANG

Anak Anak Telanjang
Hari ini iseng-iseng [tergoda oleh kenarsisan] buka-buka file foto-foto tahun kemaren. Dan aku menemukan foto yang cukup menarik: Aku sedang menunjuk foto anak-anak sedang telanjang di pinggir sungai (lihat foto sebelah).
Saat itu aku sedang ada di lampung, acara reunian tempat mama dan papaku dulu bekerja. Banyak sekali foto-foto 'djadoel' yang dipajang. Namun aku sedikit terusik dengan foto itu. Bagiku foto tersebut lucu sekali. Bayangkan: sekitar 40an anak kecil, usia balita, telanjang di pinggir sungai. wajah-wajah yang polos, dengan tubuh yang polos juga, dipotret.
Seelah bertanya pada temen-temen ortuku, ternyata itu adalah program melatih anak-anak para transmigran di Lampung cara mandi dan gosok gigi yang benar. WOW! Aku terpesona! Banyak hal yang aku terpesonai [halah, bahasanya itu lho!], antara lain;
1. mana ada jaman sekarang program seperti itu di kebanyakan LSM yang berkembang di Indonesia? atau mungkin di sekolah-sekolah. Yah, mungkin emang siy ortu-ortu kita yang ngajarin kita mandi dan gosok gigi [kita?? elo kalee]. tapi ada nga siy, standar mandi yang benar? (kalo gosok gigi udah ada standarnya). Misalkan program tersebut didokumentasikan dalam laporan, kira-kira standar apa ya yang dipakai?
2. sungai yang bersih
mungkin tidak terlihat jelas dari foto yang saya tampilkan. Namun, begitulah yang diceritakan temen-temen ortuku. Kondisi sekarang ini, banyak sungai yang udah kotor, tercemar baik oleh limbah industri dan limbah rumah tangga. Dari raut anak-anak tersebut mereka riang dan gembira saat diajak 'maen' ke sungai. Apakah sekarang ini masih ada sungai yang aman untuk tempat bermain anak-anak? Mungkin hanya sungai-sungai tempat Si Bolang berada. Duh sedihnya.

Love Nature and You!

0 Response to "ANAK ANAK TELANJANG"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *